Wednesday 4 January 2012

Tips membersihkan kandang Kelinci



Pembersihan kandang bukanlah tugas yang menyenangkan untuk hewan peliharaan apapun. Tidak ada aturan ditetapkan seberapa sering untuk membersihkan kandang kelinci, tapi melakukan sedikit pembersihan setiap hari akan membantu menjaga kandang kelinci anda bersih, sehat serta bahagia. Sebagai aturan umum, berencana untuk melakukan pembersihan menyeluruh kandang kelinci anda setidaknya sekali seminggu. Namun, kandang kelinci anda mungkin memerlukan pembersihan menyeluruh lebih sering, tergantung pada ukuran kandang kelinci dan seberapa banyak sampah pada kandang kelinci anda. Jika Anda memiliki lebih dari satu kelinci, maka lakukan pembersihan kandang lebih sering
Pembersihan harian
  • Buang sisa makanan segar yang tidak dimakan (sayuran hijau, rumput dll) dari kandang setiap hari (idealnya pagi dan malam).
  • Cuci keluar mangkuk makanan, dan mencuci dan mengisi ulang botol air.
  • Anda bisa menyapu dasar kandang dan membersihkan kotoran yang lengket misalnya (kotoran akibat mencret, atau sisa makanan yang menempel didasar kandang)
Pembersihan Mingguan
  • Buang semua kotoran yang ada didalam kandang kelinci dan lepaskan semua atribut untuk pembersihan secara total.
  • Mengelap bawah kandang dengan baik dengan air panas (menggunakan cuka untuk menghilangkan deposit urin).
  • Mencuci piring makan, botol air, rak jerami dan kotak sampah dengan air panas.
  • Membersihkan mainan atau perabotan yang telah kotor.
Merupakan ide yang baik untuk mendisinfeksi kandang secara berkala, tetapi disinfektan apapun harus dibilas dengan sangat baik dan bukan merupakan pilihan yang baik untuk kandang kayu (yang dapat menyerap bahan kimia) atau kandang yang tidak mudah dipindahkan.
Tips
  • Cuka dapat menjadi alterinative yang baik untuk membersihkan kandang kelinci. Garam kalsium yang terkandung dalam air seni kelinci dapat mengendap dan membentuk kerak yang sangat lengket pada kandang pada kandang. Namun, cuka melarutkan garam kalsium ini sangat baik. caranya campurkan sedikit cuka pada alat penyemprot yang berisi air, dan semprotkan pada bagian bawah kandang
  • Untuk mempermudah membersihkan kelinci, hindari kandang yang terbuat dari kayu, karena akan lebih sulit dibersihkan
  • Temukan waktu terbaik anda untuk membersihkan kelinci, setiap pagi atau malam

3 comments:

  1. berapa harga mandiin kelinci yang umurnya baru dua bulan?

    ReplyDelete
  2. sekitar30- 50 K

    ReplyDelete
  3. Saya mau mandiin kelinci,boleh tau alamatnya?

    ReplyDelete